Minggu, 04 Desember 2016

Anak Muda dan Industri Kreatif bagi INDONESIA
Bicara mengenai Industri Kreatif, kita harus mengerti terlebih dahulu “APA ITU INDUSTRI KREATIF”? Industri Kreatif yaitu suatu daya fikir yang membuat suatu keterampilan dari kreativitas dan bakat baik individu maupun kelompok untuk terciptanya kesejahteraan dan membuka suatu tempat pekerjaan baru.
Pada 30 November 2016 di WISMA 77 Tower 2 Lantai 8, Opini.id dan MitraBranding bekerja sama menyelenggarakan acara diskusi yang bertema “Gerakan Anak Muda dan Industri Kreatif di Indonesia” bersama dengan pembicara Fikri Satari (chairman BCCF dan karang taruna bandung) dan Subkhi Ridho (akademisi dan peneliti).

Diskusi bersama ngopini kemarin sangat memberikan manfaat dan untuk itu saya ingin berbagi dengan teman-teman dan semuanya yang membaca artikel ini. Terutama anak muda indonesia yang di harapkan untuk menciptakan dan memajukan industri kreatif.
Industri kreatif sangat penting dalam meningkatkan ekonomi indonesia dan pendapatan masyarakat. Tetapi semua itu butuh proses dan waktu, karena semua itu sangat sulit apalagi dengan pemikiran atau persfektif yan berbeda pada setiap individu atau kelompok.
Pemerintah harus berperan dalam memajukan industri kreatif ini. Seperti halnya membantu sarana dan prasarana yang bisa menumbuhkan dan memberi mindset kepada anak muda seluruh indonesia. Seperti yang telah kita ketahui, industri kreatif telah berkembang di daerah-daerah seperti kota bandung yang saat ini menyandang gelar kota kreatif. Jadi, mari kita kembangkan lagi daerah-daerah yang belum menerapkan industri kreatif.
Kenapa kota bandung disebut sebagai kota industri kreatif? Sedangkan ada banyak kota-kota di indonesia ini tetapi tidak tersebutkan didalamnya. Karena kota bandung sudah sangat berkembang dengan industri kreatifnya, sedangkan kota-kota yang lain masih belum memulai. Mungkin anak muda di daerah itu belum bisa menyatukan pikran dari budaya atau suku yang berbeda di daerah itu.
Untuk itu, ayo kita majukan daerah kita dengan menciptakan industri kreatif dan kita bisa mencontohkan kota bandung dalam teknis dan cara memajukannya.
Kota bandung melakukan pemberdayaan kaum tua dan kaum  muda, dan mereka berupaya melakukan pengembangan dengan potensi yang ad di daerah mereka. Kerjasama juga sangat penting dan dilskukan oleh anak muda kota bandung, karena dengan bekerjasama sesuatu yang kecil dan besar sekalipun akan sangat mudah di lakukan. Dalam menciptakan industri kreatif, mereka tidak selalu menunggu pemerintah bergerak. Mereka mempunyai inisiatif tersendiri untuk memjukan daerah nya. Maka dari itu kota bandung sekarang menjadi kota yang maju.
Selain kota bandung, kota jogja merukan kota industri kreatif kedua di indonesia. Dengan kota yang berbudaya, kota bandung juga melakukan pengembangan dalam industri kreatif. Teknis mereka tidak jauh beda dengan kota bandung. Anak muda di jogja dengan kreativitasnya mereka melakukan suau inovasi dari potensi daerah mereka. Kota jogja yang notabennya sangat kental dengan budaya dan toleransi dari tradisi-tradisi mereka sangat mendukung dalam menjalankan industri kreatif di daerah itu. Dengan tiga aspek Yogyakarta: budaya, teknologi produktif, dan teknologi organisasi. Tiga dimensi kota kreatif yang juga diperlukan: dimensi fisik, dimensi sosial, dan dimensi simbolik. Yang tak kalah penting lingkungan produksi, lingkungan konsumsi, dan koneksi internet yang mendukung dalam mengembangkan industri kreatif di daerah atau kota Yogyakarta.
Beralih dari kota bandung dan yogyakarta, industri kreatif sangat penting dan bisa mengembangkan ekonomi kreatif. Semua itu memang tidak mudah, tetapi jagan jadikan perbedaan pemikiran, perspektif, dan pendapat pada daerah itu sebagai suatu hambatan. Kerena perbedaan itu bisa menjadi peluang untk menjalankan industri kreatif.

Cukup sekian penjelasan mengenai industri kreatif, semoga dengan artikel ini bisa membangkitkan semangat anak muda indonesia dalam mewujudkan industri kreatif di daerahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar